Jangan Terlewat, Ini Manfaat Membaca Surah Al Kahfi

umroh.com


Umroh.com – Surat ke-18 di dalam Al Quran memiliki keistimewaan. Namanya ‘Al Kahfi’ berarti ‘Gua’, dan di dalamnya terdapat kisah para pemuda yang ditidurkan selama ratusan tahun di dalam gua. Tak hanya itu, pengetahuan tentang manfaat membaca surat ini berasal dari hadis-hadis Rasulullah.


Manfaat Membaca Surat Al Kahfi


1. Disinari Cahaya


Membaca surat Al Kahfi akan membuat seseorang disinari cahaya. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah” (HR.Ad Darimi).


“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at” (HR.An Nasa’i dan Baihaqi).


Makna ‘Diterangi Cahaya’ Jika Membaca Surat Al Kahfi


Umroh.com merangkum, para ulama menjelaskan bahwa maksud ‘diterangi cahaya antara dua Jumat’ adalah bahwa seseorang akan berada dalam pahala atau pengaruh surat tersebut selama satu minggu. Ada juga ulama yang berpendapat bahwa maksud ‘diterangi cahaya’ adalah orang yang membaca dan mengamalkan surat Al Kahfi setiap jumat akan disinari hatinya, kuburnya, atau ketika manusia dikumpulkan di hari kiamat kelak.


Ada juga ulama yang berpendapat bahwa maksud ‘diterangi cahaya’ adalah Allah akan memberikan kemudahan dan petunjuk dalam urusannya. Cahaya yang meneranginya akan memudahkan dirinya menangkap hidayah dari Allah dalam setiap urusan kehidupannya.


Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!


2. Dilindungi dari Fitnah Dajjal


Di akhir zaman kelak akan muncul Dajjal yang membawa fitnah terberat bagi manusia. Dajjal menampakkan diri seolah-olah ia adalah pembawa kebenaran. Nantinya, banyak orang akan terpedaya dan menjadi pengikut Dajjal. Hanya orang dengan keimanan teguh yang akan selamat dari fitnah Dajjal.


Terlindung dari Dajjal dengan 10 Ayat Pertama dan 10 Ayat Terakhir Surat Al Kahfi


Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca sepuluh ayat terakhir dari surah surah Al Kahfi, maka ia akan dilindungi dari fitnah Dajjal”.


Sementara Imam An Nasa’i meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca sepuluh ayat terakhir dari surah Al-Kahf, maka sungguh ia menjadi pelindung baginya dari Dajjal”.


Imam Muslim, Imam Abu Dawud, dan Imam An Nasa’i meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barang siapa hafal sepuluh ayat pertama dari surah Al-Kahfi maka ia akan dilindungi dari Dajjal”.


Kandungan Surat Al Kahfi


Tim Umroh.com memaparkan, Surat Al Kahfi menceritakan tentang fitnah yang akan menimpa manusia. Menurut para ulama, fitnah adalah ujian atau cobaan yang menimpa manusia.


Dalam hidup, manusia memang akan ditimpa berbagai cobaan mulai dari perselisihan, samarnya kebenaran dan kebatilan, berpalingnya seseorang dari jalan kebenaran, syirik dan kekufuran, kemaksiatan dan kemunafikan, penyesatan, hingga siksa dari Allah.


Secara garis besar, ada empat kisah yang diceritakan dalam surat Al Kahfi. Kisah-kisah tersebut memberi hikmah bahwa kita harus berhati-hati terhadap fitnah agama, fitnah harta, fitnah ilmu, dan fitnah kekuasaan.


Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!


Kapan Sebaiknya Membaca Surat Al Kahfi


Ada dua hadis yang menunjukkan waktu utama dalam membaca surat Al Kahfi, yaitu pada malam Jum’at dan hari Jum’at. Sebagaimana telah disebutkan di atas.


Kedua hadis tersebut sama-sama menjelaskan pentingnya membaca surat Al Kahfi, dengan dua waktu berbeda, dan dua keutamaan berbeda yang sama baiknya. Lalu, kapankah sebaiknya kita membaca surat Al Kahfi?


Ternyata, para ulama tidak memahami hadis tersebut secara tekstual. Para ulama tidak memahami hadis tersebut sebagai perbedaan fadhilah membaca surat Al Kahfi di malam Jumat atau hari Jumat.


Para ulama menjelaskan bahwa sejatinya kedua hadis tersebut menyebutkan waktu terbaik membaca surat Al Kahfi adalah di hari Jumat, pada hari beserta malam, dan malam beserta harinya. Dijelaskan juga bahwa malam Jumat dimulai sejak matahari terbenam di hari Kamis. Hari Jumat kemudian berakhir ketika matahari terbenam di hari itu.


Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!


Jadi, waktu membaca surat Al kahfi adalah sejak matahari terbenam di hari Kamis, hingga matahari terbenam di hari Jumat. Mereka yang membaca surat Al Kahfi di waktu ini akan mendapatkan keutamaan surat Al Kahfi yang telah dijanjikan.


Melihat besarnya fadilah yang akan diperoleh jika rutin membaca Al Kahfi, maka kita sebaiknya berusaha untuk bisa mengerjakannya. Jika kesulitan membacanya sekaligus karena kesibukan, kita bisa membagi-baginya sepanjang waktu yang disunnahkan. Misalnya setiap selesai shalat, mulai dari terbenam matahari di hari Kamis, hingga terbenamnya matahari di hari Jumat.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan