11 Tenaga Kesehatan di Puskesmas Kwandang Positif Covid

Republika.co.id


Sebelas tenaga kesehatan yang terpapar Covid memiliki gejala,


REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO  -- Sebanyak 11 orang tenaga kesehatan di Puskesmas Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelas tenaga kesehatan itu memiliki gejala sama.


"Ini kasus baru, hasil tes usap (swabtest) pada 1 Februari 2021," kata Kepala Dinas Kesehatan setempat, Rizal Yusuf Kune, di Gorontalo, Jumat.


Ia mengatakan, hasil tes usap dari total 52 orang tenaga kesehatan baik medis maupun non medis di puskesmas tersebut, 11 orang dinyatakan terpapar sesuai hasil pemeriksaan laboratorium BPOM Gorontalo. "Mereka bergejala sama yaitu panas, batuk dan sesak nafas," katanya.


Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan ketua Satgas kabupaten, Bupati Indra Yasin, serta camat Kwandang dan seluruh kepala desa di wilayah pelayanan puskesmas tersebut.

Untuk pengalihan sementara pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas Molingkapoto dan Rumah Sakit Zainal Umar Sidiki. Ini mengingat Puskesmas Kwandang saat ini menjadi tempat karantina bagi tenaga kesehatannya yang terpapar Covid-19.


"Dipastikan puskesmas tersebut belum akan membuka pelayanan hingga 13 Februari 2021," jelasnya.


Saat ini, pelacakan (tracking) sementara dilakukan kepada seluruh keluarga maupun orang yang pernah kontak dengan para tenaga kesehatan tersebut. Ia mengimbau, masyarakat tidak panik namun wajib menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19


sumber : Antara/Reuters

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan