3 Cara Meningkatkan Kolagen Alami untuk Kesehatan Kulit

Sahijab

Wanita berhijab.


Sahijab – Kolagen adalah komponen utama jaringan ikat yang membentuk tendon, ligamen, otot, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Anda mungkin tahu bahwa kolagen penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.


Tetapi protein ini memiliki fungsi penting mulai dari memperkuat tulang, meredakan nyeri sendi, mencegah keropos tulang, meningkatkan massa otot dan meningkatkan kesehatan jantung, kuku, rambut, otak hingga usus.


Meningkatkan kolagen alami di tubuh, tidak hanya memiliki manfaat bagi kulit tetapi lebih banyak lagi. Dikutip Sahijab dari Femina, jika Anda ingin mengetahui cara alami meningkatkan kolagen dalam tubuh bisa menggunakan 3 cara berikut ini.


3 Cara Meningkatkan Kolagen Alami


1. Memijat


Memijat kulit akan merangsang produksi kolagen, membantu kulit terlihat lebih muda dan bercahaya alami. Pijat teratur juga memperkuat memori otot. Otot yang kencang, terutama di wajah, dapat mempertahankan kekencangan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah.


2. Makan dengan benar


Makanan berikut dapat membantu meningkatkan kolagen dalam tubuh:

- Kaldu tulang, terbuat dari tulang hewan yang direbus dalam air, dikatakan dapat mengekstrak kolagen. Ayam, terutama bagian leher dan tulang rawan, merupakan sumber kolagen yang baik dan bagus untuk pengobatan artritis. Kolagen laut dikatakan mudah diserap oleh tubuh, jadi pastikan untuk memasukkan ikan dan kerang dalam makanan Anda. Kepala dan bola mata pada ikan mengandung kolagen paling banyak.

- Putih telur kaya akan prolin, asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.

- Kacang kaya protein juga dikemas dengan asam amino dan tembaga yang membantu sintesis kolagen.

- Klorofil diketahui meningkatkan jumlah pro-kolagen, prekursor kolagen, di kulit. Jadi tambahkan dosis sayuran berdaun gelap ke dalam makanan.

- Vitamin C memiliki peran utama dalam produksi pro-kolagen. Makan makanan kaya vitamin C seperti buah jeruk, beri, nanas, mangga, kiwi, jambu biji, dan paprika.

- Makan makanan kaya belerang seperti bawang putih karena mineral ini membantu mensintesis kolagen dan mencegah kerusakannya.


3. Lakukan perubahan gaya hidup


Ingatlah petunjuk ini:

- Makan terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan dapat menyebabkan peradangan, yang dapat merusak kolagen dalam tubuh.

- Sinar ultraviolet dapat merusak kolagen di kulit, menyebabkan kerusakan. Ini juga mengarah pada pembentukan serat elastin abnormal yang dapat terbentuk kembali secara tidak benar, membentuk kerutan. Ingatlah untuk selalu menggunakan tabir surya saat Anda keluar rumah!

- Asap tembakau dapat merusak kolagen dan nikotin dapat membatasi pembuluh darah untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke kulit dan jaringan.

- Tingkatkan perawatan kulit Anda dengan produk yang tepat.

- Berolahraga secara teratur untuk mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat, melindungi kolagen, dan menjaga kesehatan tulang, persendian, dan otot.


Cukup mudah bukan untuk meningkatkan kolagen alami di tubuh kita, bahkan dengan cara yang enak.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan