Amalan Agar Cepat Dapat Pekerjaan
S Dzakiyyah-umma

Di zaman yang serba modern saat ini, bukan hal yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi yang sesuai dengan kemauan dan kemampuan kita.


Meski demikian, bukan berarti kita sebagai manusia hanya bisa berdiam diri. Perlu adanya usaha disertai doa untuk mendapatkannya. Bagaimana doa agar kita bisa cepat mendapatkan pekerjaan? Dan apa saja amalan yang bisa kita lakukan untuk mempermudah kita dalam mendapatkan pekerjaan?


Ustaz Ainul mengatakan, terkadang kita sering terjebak pada nilai-nilai kepasrahan. Menurutnya terkadang seseorang memaksakan alam sadar untuk mencari kerja di suatu tempat. Entah itu melamar kerja ke orang lain, perusahaan, atau tempat yang kita anggap bisa menjadi jalan rezeki kita. 


Seakan kita menganggap bahwa hanya di sanalah pekerjaan itu ada, dan di sanalah Allah memberikan rezeki, uang dan hasil sesuai kebutuhan. Padahal Allah telah melapangkan rezeki seseorang tanpa diketahui.



Ilustrasi.


“Sesungguhnya Allah meluaskan rezeki dan menebarkan di seluruh penjuru alam, kita hanya perlu menggali, dan membangun jejaring sosial ekonomi melalui silaturahim,” ujar Ustaz Ainul saat dihubungi umma, Senin (11/11/2019).


Tak hanya itu, Ustaz Ainul juga menjelaskan bahwa banyak bersedekah, berbagi, membangun silahturahmi, dan meminta doa kedua orang tua, kalau perlu bersimpuh memohon rida mereka, adalah bagian dari cara mempermudah rezeki.


“Dan jangan lupa selalu memohon kepada Allah SWT melalui salat duha dan hajat,” lanjutnya.


Sementara itu, terkait doa untuk cepat mendapatkan pekerjaan, Ustaz Ainul mengatakan kita bisa membaca doa seperti yang tertera di bawah ini: 


اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا اَبْوَابَ الْخَيْرِ وَاَبْوَابَ الْبَرَكَةِ وَاَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَاَبْوَابَ الْقُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلاَمَةِ وَأَبْوَابَ الْجَنَّةِ. رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَارَشَدًا. بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ


Artinya : “Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.”


Tak hanya itu, bisa pula dengan doa berikut: 


اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ


"Ya Allah, ampunillah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilkanlah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku". (HR. Ibnu An-Najjar).

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan