Amankah Telur Setengah Matang Untuk Ibu Hamil?

Muslims Daily

Telur memang merupakan sumber protein, selenium, kolin, juga asam lemak omega-3 yang paling sempurna dari makanan lainnya. Manfaat telur bagi ibu hamil memang bisa mencukupi kebutuhan penting dari nutrisi ibu hamil sehingga ibu hamil bisa memiliki tubuh yang sehat.

Terlebih saat ibu hamil baru masuk ke trimester pertama dimana nutrisi yang bergizi bisa membantu pertumbuhan janin dalam kandungan. Kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan dampak serius seperti cacat bawaan. Tapi jenis telur seperti apakah yang baik untuk ibu hamil. Apakah bolehkah telur setengah matang untuk ibu hamil?

Sayangnya, ketika ibu hamil mengonsumsi telur dengan kondisi setengah matang, dikhawatirkan dapat membahayakan kondisi ibu hamil. Telur setengah matang mengandung Salmonella, jenis bakteri yang menyebabkan beragam masalah kesehatan.

Hal ini dapat menyebabkan ibu mual, muntah-muntah, diare, sakit kepala, hingga demam. Selain itu dapat menyebabkan Ibu mengalami dehidrasi ekstrim yang berefek buruk pada janin, karena ia bisa kekurangan cairan untuk berkembang dengan baik.

Agar terhindar dari kondisi tersebut, ada baiknya ibu hamil mengonsumsi telur yang matang dan menyesuaikan porsi telur seperti yang direkomendasikan US Institute of Medicine, sebanyak 425mg per hari.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan