Anjuran Jangan Tidur Sebelum Sholat Jumat
Daily Sunnah

Setiap manusia butuh tidur. Tidak baik juga tubuh digunakan untuk beraktivitas terus-menerus, sehingga kurang tidur. Rasulullah pun pernah menegur sahabat yang terlalu rajin beribadah, tapi melupakan hak tubuhnya, yaitu istirahat.



Sebab itu, Islam selalu menekankan jangan mempersulit diri dan jangan merusak diri sendiri. Termasuk dalam hal ini ibadah yang kita lakukan. Jangan sampai beribadah tapi membahayakan diri. Beribadalah sesuai kemampuan, karena tubuh juga butuh istirahat.


Khusus pada hari Jumat, Ibnu Sirin memakruhkan tidur sebelum sholat Jumat. Hal ini sebagaimana dikutip oleh Imam al-Suyuthi dalam Nurul Lam’ah. Memang Rasulullah tidak pernah mengatakan langsung tidur sebelum sholat Jum’ah makruh. Tapi dalam beberapa hadis dipahami bahwa khusus pada hari jumat dianjurkan datang lebih awal ke masjid dan Rasul beserta sahabat tidak pernah tidur sebelum sholat Jumat.


Sahabat Rasul bernama Anas mengatakan: “Kami dahulu datang lebih awal untuk sholat Jumat, kemudian baru kami tidur siang hari (qailulah)” (HR: Bukhari)


Dalam riwayat lain yang bersumber dari Sahal bin Sa’ad bahwa: “Kami sholat bersama Rasulullah pada hari Jumat, baru setelah itu kami tidur siang” (HR: Bukhari)


Berdasarkan dua hadis ini, Rasulullah dan para sahabat pada hari jumat membiasakan datang lebih awal ke masjid, kemudian setelah sholat jumat baru sahabat tidur siang. Dengan demikian, kalau memang tidak dalam kondisi terlalu ngantuk, bersegeralah datang ke masjid pada hari jumat dan baru setelah itu tidur siang.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan