https://umma.id/channel/question/post/bagaimana-cara-mandi-wajib-yang-benar-1318711?lang=id

196
10+ Jawaban
4 answers
1337
(The text of the accepted answer goes here...).
answered
39
(Another explanation would go here).
answered
Bagaimana cara mandi wajib yang benar?
Berikutnya
Dea Fauziah
+ Ikuti
Mudah-mudahan bermanfaat. و الله اعلم
...Berikutnya
0
0
Rio Tamfitra assalamualaikum.. mohon petunjuk pencerahaan ny. apa hukum ny hamil dulu baru di nikahi?? bagaimana cara mengsah kan ank yg lahir di luar nikah dan bagaimana biar nikah ny tu jdi sah lgi? ?
Mpik Coc ngaji lagi ke guru yg nya ta dan bernasab yg jelas ...
Lihat semua komentar
Tatang Suherman
+ Ikuti
1: niat 2:membasuh seluruh badan
...Berikutnya
0
0
Lihat semua komentar
✨لولو اهليه خير✨
+ Ikuti
🔴Rukun dan Sunnah dalam Mandi Janabah 📝نيسا مسري همزة بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله الغفور الرحيم و صل وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين اللهم صل علی سيدنا محمد وعلی ال سيدنا محمد Pelajaran dasar fiqh BaB Thaharoh Mari kita bedakan antara Rukun dan Sunnah dlm Mandi Wajib Para ulama memilah mana yang merupakan pokok/rukun dalam mandi janabah, sehingga tidak boleh ditinggalkan, mana yang merupakan sunnah sehingga bila ditinggalkan tidak merusak sahnya mandi janabah itu. #Rukun Untuk melakukan mandi janabah, maka ada 3 hal yang harus dikerjakan karena merupakan rukun/pokok: 1. Niat. Sabda Nabi sallallahu alaihi wasallam Semua perbuatan itu tergantung dari niatnya. HR Bukhari dan Muslim 2. Menghilangkan Najis yg Ada di Badan Menghilangkan najis dari badan sesunguhnya merupakan syarat sahnya mandi janabah. Dengan demikian, bila seorang akan mandi janabah, disyaratkan sebelumnya untuk memastikan tidak ada lagi najis yang masih menempel di badannya. Caranya bisa dengan mencucinya atau dengan mandi biasa dengan sabun atau pembersih lainnya. Adapun bila najisnya tergolong najis berat, maka wajib mensucikannya dulu dengan air tujuh kali dan salah satunya dengan tanah. 3. Meratakan Air Hingga ke Seluruh Badan Seluruh badan harus rata mendapatkan air, baik kulit maupun rambut dan bulu. Baik akarnya atau pun yang terjuntai. Semua penghalang wajib dilepas dan dihapus, seperti cat, lem, pewarna kuku atau pewarna rambut bila bersifat menghalangi masuknya air. Sedangkan pacar kuku (hinna') dan tato, tidak bersifat menghalangi sampainya air ke kulit, sehingga tetap sah mandinya, lepas dari masalah haramnya membuat tato. #Sunnah² yang Dianjurkan dalam Mandi Janabah 1. Membaca basmalah. 2. Membasuh kedua tangan sebelum memasukkan ke dalam air 3. Berwudhu Sebelum mandi Aisyah Rha berkata : Ketika mandi janabah, Nabi sallallahu alaihi wasallam berwudku seperti wudhu` orang shalat. (HR Bukhari dan Muslim). 4. Menggosokkan tangan ke seluruh anggota tubuh. Hal ini untuk membersihkan seluruh anggota badan. Mendahulukan anggota kanan dari anggota kiri seperti dalam berwudhu' Semoga Bermanfaat
...Berikutnya
Rekomendasi
Bagaimana cara membayar fidiyah?
Siapa saja yg wajib menerima zakat fitrah? #TakbiranDiummaAja
apa hakekat mencintai suami?
assalamualaikum saya mau bertanyaseandainya punya suami yang tk pernah mengerjakan sholat apakah dipertahankan rumah tangganya?
Bagaimana cara mandi wajib yang benar dan baik?