Berusaha Menaklukan Angin#festivalSisterlillahonline#Halal Travel#

Aprian.


Sumber:Quote Hijrah

#sisterlillah#festivalsisterlillahonline.

pernahkah anda berpikir, kalau setiap manusia mempunyai akal dan nafsu, jika kita bayangkan kalau nafsu itu ibarat kita menatap angin, artinya kita tidak pernah bisa untuk melihatnya, tapi dapat mengetahui dampaknya.Memang nafsu tidak bisa dibunuh karena nafsu itu sendiri berada di dalam hati setiap manusia, namun nafsu dapat kita tundukan agar nafsu yang ada pada diri kita dapat kita kendalikan. Karena nafsu itu sendiri merupakan ciptaan Allah subhanahu wa ta'ala untuk menguji umatnya. Pendekatan nafsu selalu berusaha dengan cara apa saja agar seseorang melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hal-hal yang diridhoi allah subhanahu wa ta'ala

Firman Allah subhanahu wa ta'ala:"maka berilah keputusan perkara diantara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah"(QS.Al-Shaad:26)

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:"tidak beriman salah seorang dari kalian, hingga ia mengikutkan atau menundukkan hawa nafsunya dg(Islam) yang aku bawa"(hadits riwayat iman An-Nawawi dalam kitab Al-Arba'in An-Nawawiyyah)


Serta Bagaimana kita Menundukkan Hawa Nafsu kita:

1.) Perbanyak dzikir

karena dengan memperbanyak mengingat nama Allah hati akan selalu tenang diantaranya zikir yang sudah banyak orang tau yaitu,allahumma yaa muqollibal qulub tsabbit qolbi ala diinik.Artinya: Ya Allah yang membolak balik hati kami kuatkan lah hati kami di dalam agama-mu.

2.) Melakukan puasa.

tahukah Anda jika seseorang sedang melaksanakan puasa pasti hakikatnya nya orang itu akan menjaga dirinya dari segala perbuatan mungkar, karena dengan puasa seseorang akan merasakan lapar,rasa lapar itulah yang akan melunakkan nafsunya, dan orang itu juga pasti tahu bahwa kalau sedang melaksanakan puasa tidak boleh mengeluarkan nafsu karena akan mengurangi pahala orang puasa tersebut.

3.) Perbanyak ibadah.

jika ikhtiar atau usaha sudah kita lakukan tentunya hal yang tidak boleh terlewatkanyaitu Selalu berdoa kepada Allah subhanahu Wa ta'ala agar selalu dikuatkan melawan hawa nafsu.

Adapun Macam-macam Hawa nafsu :

Pertama, Nafsu Ammarah, yaitu Nafsu yang selalu mengarah pada sifat-sifat dan sikap-sikap tercela kecuali yang mendapat rahmat dari Tuhannya (QS. Yusuf; 53). Nafsu model ini cirinya selalu menentang segala sesuatu yang tidak sesuai keinginannya dan mengajak pada perbuatan maksiat.

Kedua, Nafsu Lawwamah, yaitu nafsu yang masih suka terombang-ambing dalam ketidakpastian, terkadang baik dan terkadang pula buruk. Ketika berbuat maksiat ia segera menyesalinya akan tetap lemah jiwanya (QS. Qiyamah; 75).

Ketiga, Nafsu Muthmainnah, yaitu; nafsu yang sudah ditaklukkan sehingga tidak lagi liar dan meradang. Tidak merasa takut ataupun sedih. Nafsu model ini selalu tenang, taat dan berada dalam jalur kebenaran yang sudah digariskan Tuhan (QS. Al Fajr; 89).

Kiranya Sekian Yang dapat saya Sampaikan,Mudah-mudahan menambah wawasan untuk kita.

  • .


Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan