Bioskop Keliling UMY Putar Film di Tiga Kabupaten di DIY

Republika.co.id


Bioskop kampus UMY secara rutin mengadakan pemutaran film kepada masyarakat.


REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Bioskop Keliling Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Bioling UMY) kembali mengadakan pemutaran film di tiga kabupaten di DIY. Yakni, Dusun Dermojurang, Desa Seloharjo, Bantul, Desa Gegerbajing, Kulonprogo dan Desa Karangsuri, Wonosobo, Jawa Tengah.


Kegiatan tersebut dilakukan selama tiga hari yakni sejak 27 hingga 29 Agustus 2019. Pemutaran film ini diselenggarakan untuk memeriahkan HUT RI ke 74 dan juga sebagai rangkaian penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh mahasiswa UMY.


“Bioskop kampus UMY secara rutin mengadakan pemutaran film kepada masyarakat untuk edukasi dan entertainment,” kata dosen Ilmu Komunikasi UMY, Fajar Junaedi Berdasarkan siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (2/9).


Fajar mengatakan, fungsi bioskop keliling ini sebagai media kampus dalam catur darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Selain itu, juga untuk praktikum dalam pengembangan kompetensi mahasiswa.


Ia menambahkan, masyarakat di tiga desa tersebut sangat antusias saat menyaksikan pemutaran film. Antusiasme, lanjutnya terlihat dari banyaknya jumlah penonton yang hadir hingga film selesai ditayangkan.


“Ratusan masyarakat di tiga kabupaten tersebut sangat antusias menonton film The Fabulous Udin, Iqro dan film lainnya dari Pusbang Film Kemendikbud yang diputar sebagai film utama, disamping beberapa film karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY," tambah Fajar.


Fajar berharap, dengan silakukannya kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa. Terutama pengalaman dalam pengorganisasian pemutaran film, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.


Sementara itu, Koordinator Laboratorium Ilmu Komunikasi UMY, Budi Dwi Arifianto mengatakan, keberadaan Bioskop Keliling UMY selama satu semester terakhir ini telah banyak mengadakan pemutaran film. Bahkan, sudah lebih dari tiga puluh lokasi yang dinas ikan tempat untuk pemutaran film.


"Dengan adanya bioskop keliling, mahasiswa dapat melakukan praktikum sekaligus pengabdian kepada masyarakat," kata Budi.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan