Catat, Ini Waktu Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat
Shofa Yanti- umma

Rasulullah SAW bersabda, "Pada hari Jumat terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesauatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah asar" (HR. Abu Dawud) 


Ustaz Isham Aini, menyebutkan bahwa hadis di atas adalah perintah Rasulullah SAW agar umatnya banyak berdoa pada hari Jumat, khusunya setelah asar. Hal itu disampaikan saat kajiannya tentang sunah di sore hari pada hari Kamis, Jumat, dan Senin, di Masjid Nurullah Kalibata City, Jakarta Selatan.


"Ada banyak hadis yang saya himpun bahwa kekuhususan berdoa di hari Jumat adalah sejak khatib menaiki mimbar sampai sebelum menjelang matahari. Semua ini ada hadisnya," ujar Ustaz Isham, belum lama ini.



Ilustrasi.


Menurutnya, namun tidak semua waktunya itu mustajab. Ada waktu yang Allah rahasiakan. Allah akan kabulkan semua permintaan hamba-Nya jika dia berdoa pada waktu yang dirahasiakan itu.


"Makannya Rasulullah memimnta kita untuk banyak dan sungguh-sungguh berdoa khusunya Jumat setelah asar, karena ada kemungkinan sering mustajabnya doa itu setelah asar," ujarnya.


Ustaz Isham mengatakan, sama seperti halnya lailatul qadar, Allah perintahkan hamba-Nya untuk mencari lailatul qadar pada setiap malma ganjil 10 malam terakhir Ramadan. Tetapi ada hadis yang menekankan untuk mencari secara khusus ditanggal 27 Ramadan, berarti kemungkinan sering munculnya di tanggal tersebut walaupun tidak tahu kepastianya. 


"Hal itu sama dengan waktu yang dirahasiakan pada hari Jumat. Namun tentu jangan abaikan waktu lain, tetap dalam berbagai waktu kita harus banyak berdoa," tuturnya.


Tidak seperti waktu yang ditentukan yaitu setelah asar, untuk tempat tidak dikhususkan sama sekali. Jika sedang berjamaah salat asar di masjid maka lebih bagus langsung berdoa setelahnya. Namun jika sedang dalam perjalanan atau tempat lain tentu tidak apa-apa.


"Kita disuruh memperbanyak doa karena tidak setiap waktu itu mustajab. Jadi ketika kita menjumpai waktu mustajab yang dirahasiakan Allah, kita beruntung karena sedang berdoa kepada-Nya," katanya.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan