Dokter Relawan Covid-19: Corona B117 Mungkin Sudah Menyebar Tapi Kita Tidak Tahu

Okezone


PENELITIAN terbaru menyebut bahwa varian corona B117 asal Inggris memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Fakta ini pun diungkapkan oleh British Medical Journal (BMJ), tempat lahirnya varian B117.


Dalam penelitian sebelumnya, diketahui bahwa varian virus ini juga memiliki kemampuan untuk menyebar dan menularkan kepada manusia yang jauh lebih cepat hingga 50-70 persen.


Pada awal Maret 2021, Wakil Menteri Kesehatan, dr. Dante Saksono Harbuwono mengonfirmasi terdapat dua kasus B117 di Indonesia pada peringatan satu tahu Covid-19 di Tanah Air. Selang beberapa, kembali dilaporkan empat kasus tambahan terkait B117 di Indonesia.


Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i membenarkan bahwa varian baru B117 asal Inggris memang jelas memiliki sekira 64 persen risiko kematian dibandingkan dengan varian yang sebelumnya. Tapi, dia tidak bisa memastikan secara akurat mengenai kondisi Indonesia terkait varian B117 yang tengah menjadi perbicaraan hangat saat ini.


“Mungkin saja banyak kasus yang lebih fatal di Indonesia, tapi balik lagi, kita tidak tahu sama sekali, sebab pendataan kita belum sebagus itu, untuk menarik kesimpulan itu pada pasien Indonesia,” terang dr. Fajri, saat dihubungi oleh MNC Portal Indonesia, Jumat (12/3/2021).


Lebih lanjut, dr. Fajri mengungkapkan tidak mengetahui bagaimana sebenarnya penyebaran varian B117 di Indonesia. Sebab, masih banyak pakar atau peneliti yang belum mengetahui virus ini akibat keterbatasan surveillance genome yang dimiliki pemerintah Indonesia.


“Idealnya kalau menurut World Health Organization (WHO) sekian ratus per minggu, tapi sampling kita belum sebanyak itu. Sekarang baru 500 sekian surveillance genome atau genome sequencing kita. Jadi mungkin saja sudah menyebar, tapi kita tidak tahu,” tuntasnya.


(mrt)

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan