Fakta Menarik Tentang Lebanon Parisnya Timur Tengah

Hikmah Post


Suaramuslim.net – Sebuah ledakan dahsyat di gudang-gudang pelabuhan dekat Beirut menewaskan lebih dari 50 orang dan melukai 2.750 orang lainnya. Ledakan ini mengirimkan gelombang kejut yang menghancurkan jendela, menghancurkan batu, dan mengguncang tanah di ibu kota Lebanon.


Melansir Reuters, ledakan tersebut adalah ledakan paling dahsyat dalam beberapa tahun yang melanda Beirut, yang masih berjuang melawan krisis ekonomi dan lonjakan infeksi virus corona.


Menteri Dalam Negeri Lebanon mengatakan informasi awal mengindikasikan, bahan yang sangat eksplosif, yang disita bertahun-tahun lalu, yang telah disimpan di pelabuhan telah meledak. Israel, yang telah berperang beberapa kali dengan Lebanon, membantah peran apa pun dalam kejadian ini dan menawarkan bantuan.


Lebanon


Total penduduk Lebanon kurang lebih sekitar 4 juta jiwa. Namun masih banyak penduduk keturunan Lebanon yang berdomisili di luar negaranya (diaspora) seperti di Brazil, Afrika dan beberapa negara lain.


Terbagi atas enam provinsi, Beirut, Mount Lebanon, North Lebanon, South Lebanon, Nabatieh, dan Bekaa. Sedangkan agama yang ada disana adalah Islam, Syiah, Druze, Kristen (Maronit, Katolik Roma, Ortodoks, dan Protestan).


Agar tak penasaran, berikut 6 fakta menarik lainnya tentang Kota Beirut dan negara Lebanon:


1. Swiss di Timur Tengah


Dahulu, Lebanon pernah dijuluki dengan “Swiss di Timur Tengah” karena keunggulan finansialnya. Selain itu, Lebanon juga merupakan pusat perbankan terpenting bagi banyak negara Arab.


2. Parisnya Timur Tengah


Selain identik dengan bahasa Arab Prancisnya, kota Beirut seringkali disebut sebagai Parisnya Timur Tengah. Hal ini dikarenakan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut sebelum terjadinya perpecahan perang saudara di sana.


Kota Beirut juga seringkali dibandingkan dengan burung legenda ‘phoenix’ karena telah dibangun kembali setelah dihancurkan sebanyak 7 kali.


3. Gunakan Bahasa Arab dan Prancis


Meskipun berada di negara Arab, Lebanon juga menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resminya.


Bahasa Arab Lebanon merupakan salah satu bahasa Arab yang unik. Banyak perbendaharaan katanya yang dipinjam dari bahasa-bahasa Timur Tengah dan Eropa. Banyak warga Lebanon yang biasa mencampurkan bahasa Prancis dan Inggris ke dialek Lebanon mereka.


4. Terletak di sepanjag laut Mediterania


Mengutip laman resmi Kementerian Luar Negeri, Republik Lebanon adalah negeri dengan topografi daerahnya berbukit-bukit dengan pantai memanjang dan letaknya di tepi timur laut Mediteranea/Laut Tengah sejauh 210 km.


Negara ini berbatasan dengan Suriah di Utara dan Israel di sebelah Selatan. Luas wilayah seluruhnya sekitar 10.452 km persegi.


Nama resminya disebut Lebanese Republic (Inggris), Al Jumhuriyah Al Lubnaniyah (Arab), République Libanaise (Perancis). Ibu kota negara Lebanon adalah Beirut.


5. Negara 4 musim


Lebanon yang masuk kategori negara Arab ini memiliki iklim empat musim yakni musim panas, musim gugur, musim semi, dan musim dingin. Di beberapa wilayah pegunungan terdapat salju dan di musim dingin dengan suhu bisa mencapai di bawah 0 derajat Celcius.


6. Mayoritas penduduk tinggal di luar Lebanon


Total penduduk Lebanon kurang lebih 4 juta jiwa. Meskipun demikian, masih terdapat penduduk keturunan Lebanon yang berdomisili di luar (diaspora) dalam jumlah yang cukup besar, misalnya di Brazil saja sekitar 12 juta, di Afrika dan beberapa negara lain.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan