Heboh, Oknum RW di Cengkareng Potong Dana Bansos Warga Rp15 Ribu

Erna Martiyanti - umma


Ilustrasi. (Foto: net)


Sebuah video tengah menjadi sorotan netizen. Bagaimana tidak dalam video berdurasi 13 menit yang beredar melalui pesann berantai Whatsapp terlihat seorang RW yang mengaku telah memotong bantuan sosial (bansos).


Diduga yang berada di dalam video merupakan Ketua RW 06 Duri Kosambi. Dia mengaku telah memotong sejumlah bantuan untuk warga sebesar Rp15 ribu.


“Kan yang membagikan butuh makan, butuh minum, butuh ngopi, yang jelas yang kerja pasti capai,” kata si Ketua RW dalam rekaman video itu.

 

Ketua RW beralasan pemotongan ini dilakukan sebagai upah kerja keras petugas yang berkeliling door to door ke sejumlah rumah warga yang membagikan undangan. Sehingga Ketua RW berinisiatif meminta kepada sejumlah RT untuk memotong bantuan bansos kepada warga yang menerima.


“Terserah Ibu RT mau berapa saya cuman minta Rp5-10.000. Tapi Ibu RT bilang kalau Rp15.000 gimana? Saya bilang terserah, asal jangan memberatkan warga,” ujar Ketua RW itu lagi.


Meski demikian si Ketua RW itu menjelaskan selama warganya ikhlas dan ridha tak mempermasalahkan. Dia pun menegaskan bahwa hal itu bukan merupakan pungli.


Menanggapi itu, Kapolsek Cengkareng, Kompol Egman mengakui peristiwa itu terjadi di Duri Kosambi.


“Sudah saya monitoring, hebohnya sejak Senin kemarin,” kata Egman pada Rabu (13/1/2021). 


Sebelumnya, melalui Instastory pada Senin (11/1/2021) lalu, akun Instagram @berita.terupdate telah menginformasikan adanya pungli di sejumlah titik di Duri Kosambi, Jakarta Barat. Dari laporan itu, polisi langsung monitoring dan mengecek kebenarannya. 

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan