Jangan Lupa Cek Rekening, Subsidi Gaji Tahap III Cair 14 September

Gin gin-umma

Pencairan subsidi gaji Rp600.000 tahap III terpaksa diundur. Molornya penyaluran subsidi gaji juga disebabkan data yang diterima lebih banyak dibandingkan gelombang I dan II.


Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memperkirakan, bantuan yang diberikan pada pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan itu dapat disalurkan pada Senin (14/9/2020). Rencananya, ada 3,5 juta pekerja yang akan mendapatkan bantuan tahap tiga ini. Penyaluran tersebut sudah sesuai dengan petunjuk teknisnya (juknis).


Menurut Ida, butuh waktu 4 hari untuk verifikasi atau check list data kembali setelah data dari BPJS Ketenagakerjaan diterima. Namun, pihaknya butuh waktu lebih banyak untuk melakukan check list terhadap data pekerja tersebut.


"Jadi kami akan menggunakan 4 hari itu, dihitung-hitung kira-kira akan bisa dilakukan Senin ya, karena 4 hari kerja," katanya di Bali, Jumat (11/9/2020) seperti dikutip dari tribunnews.com


"Kami punya waktu untuk melakukan check list terhadap data pekerja yang diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan," imbuhnya.


Selain itu, molornya penyaluran subsidi gaji juga disebabkan data yang diterima lebih banyak dibandingkan gelombang I dan II. Saat ini, total data calon penerima BSU yang telah diterima oleh pemerintah mencapai 9 juta pekerja dengan penghasilan di bawah Rp5 juta.


Ilustrasi. (Foto: net)


"Bantuan subsidi upah atau gaji batch pertama sudah kami lakukan transfer kepada 2,5 juta penerima program. Batch kedua ada 3 juta, dan batch ketiga ini BPJS menyerahkan kepada kami 3,5 juta," ucapnya.


"Kami akan menggunakan waktu 4 hari, karena jumlahnya lebih banyak. Kami butuh memastikan kesesuaian datanya," lanjut Ida.


Sebelumnya nomor rekening yang berjumlah 3,5 juta itu diterima sejak hari Selasa 8 September 2020. Rencananya, pemerintah bakal menyalurkan dana bantuan sebesar Rp600.000 pada Jumat (11/9/2020).


Setelah memverifikasi data, pihaknya akan menyerahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kementerian Keuangan. KPPN kemudian menyerahkan ke empat bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).


"Dari KPPN langsung ditransfer ke bank Himbara, dari bank Himbara langsung kepada rekening penerima," jelasnya.


Pemerintah berupaya menyelesaikan penyaluran subsidi gaji kepada 15,7 juta pekerja berpenghasilan di bawah Rp 5 juta pada akhir September. Hingga saat ini, sudah ada total 9 juta data mulai gelombang I, II, dan III yang telah diterima oleh Kemenaker. Subsidi gaji adalah salah satu upaya pemerintah dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19.


"Oleh karenanya, kami berharap bantuan pemerintah berupa subsidi gaji hendaknya digunakan untuk membeli kebutuhan primer, misalnya sembako atau produk buatan dalam negeri dan UMKM kita," imbaunya.


Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan