Keistimewaan Hari Kamis dalam Islam, Dibukanya Pintu-Pintu Surga
Okezone


KAMIS merupakan salah satu hari yang penuh berkah bagi umat muslim. Itu makanya banyak muslim yang memperbanyak ibadah pada hari ini. Lalu apa keistimewaan hari Kamis dalam Islam?


Ustadz Mahfud Said mengatakan, salah satu keistimewaan hari Kamis yaitu hari dibukanya pintu-pintu surga. Hal ini sesuai hadist yang diriwayatkan HR. Muslim ;


"Pintu-pintu surga dibuka pada Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).


Berdasarkan Hadist di atas, keistimewaan hari Kamis berikutnya adalah hari pengampunan dosa. Lantas doa apa saja yang baik dipanjatkan pada hari Kamis? Dilansir dari bincangsyariah.co, dalam Shahifah al-Fathimiyyah, terdapat kumpulan doa sehari-hari yang dipanjatkan oleh Sayidah Fatimah Az-Zahra. Pada Kamis, disebutkan bahwa putri bungsu Rasulullah SAW itu selalu memanjatkan doa berikut ini:


“Allhumma innii as’aluka hudaa wattuqaa wal ‘afaafa wal ghinaa wal ‘amala bima tuhibbu watardhaa, allhumma inni as’aluka man quwwatika lidha’finaa wa min ghinaaka lifaqrinaa wa faaqatinaa, wamin hilmika wa ‘ilmika li jahlinaa, allahumma shalli ‘alaa muhammadin wa ‘aali muhammadin, wa a’innaa ‘alaa syukrika wa dzikrika, wa thaa’atika wa ‘ibaadatika, birahmatika yaa arhamar raahimiin”.


Artinya: Ya Allah, aku memohon petunjuk pada-Mu dan kehormatan dan kekayaan serta beramal sesuai dengan apa yang Engkau cintai dan ridhai. Ya Allah, aku memohon kekuatan dari-Mu karena kelemahan kami, kekayaan dari-Mu karena kefakiran dan kepapaan kami, dan kearifan dan ilmu dari-Mu karena kejahilan kami.


Ya Allah, sampaikanlah salawat kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarganya dan bantulah kami supaya dapat bersyukur dan berzikir pada-Mu, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan