KPU: Jadwal Pilpres dan Pilkada 2024 Baru Kesepakatan Awal

Okezone


JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menyebut jadwal pelakasanaan pemungutan suara pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 itu baru kesepakatan awal pemerintah-DPR-penyelenggara pemilu.


"Poin-poin kesepakatan di atas merupakan kesepakatan awal," kata Ilham dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/6/2021).


Dia menjelaskan bahwa poin-poin kesepakatan tersebut baru merupakan hasil rapat konsinyering antara KPU, Bawaslu, Pemerintah (Kemendagri), dan DPR (Komisi II) pada rapat pertama. Rencananya, kata dia, akan dilaksanakan beberapa kali rapat konsinyering.


"Konsinyering merupakan forum rapat bersama para pihak di atas yang bertujuan untuk mempersiapkan perencanaan dan tahapan Pemilu dan Pilkada 2024," ujarnya.


Sementara, terkait proses pengambilan keputusan secara resmi akan diambil melalui Pleno KPU dan dikonsultasikan dengan pemerintah dan DPR saat KPU mengajukan rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal.


"Pada forum itulah KPU akan mengajukan usulan final terkait hari pemungutan suara, lama waktu persiapan, kapan mulai pendaftaran parpol, berapa lama masa kampanye, dan lain-lain," pungkasnya.


Diberitakan sebelumnya, Pemerintah bersama DPR dan penyelenggara pemilu telah memutuskan jadwal pelaksanaan pemilihan serentak antara pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.


Kabar tersebut dibenarkan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Luqman Hakim. "Iya, benar. Itu poin-poin yang sudah disepakati tadi malam," kata Luqman, saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia.


(aky)

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan