Lagi Viral! Ini Resep Odading, Anti Gagal

Erna Martiyanti - umma

Kudapan khas sunda, Odading mendadak viral. Penyebabnya seorang pria yang mempromosikan Odading dengan cara yang cukup unik. Pria ini seolah-olah menjadi food vlogger, namun menawarkan odading dengan nada cukup keras alias ngegas. 


Logat bahasa Sunda terdengar jelas dari pria ini. Sambil memegang Odading, pria tersebut mengajak orang-orang untuk membeli dagangan milik Pak Soleh itu. Pria itu juga menambahkan beberapa pantun yang tak nyambung.


Tapi tahukah sahabat umma apa itu Odading? Odading merupakan salah satu jajanan khas Sunda yang cukup terkenal. Terbuat dari adonan tepung terigu, telur, ragi, dan gula pasir.



Kue Odading. (Foto: net)


Kue odading ini memiliki cita rasa yang manis dan empuk. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyukainya.


Penasaran dengan rasanya? Membuatnya cukup mudah kok. Berikut umma kutip dari Suara.com, resep membuat Odading anti gagal.


Resep Kue Odading


Kue odading lebih cocok disajikan untuk sarapan pagi, dan dipadukan dengan teh hangat atau kopi. Untuk membuatnya, jangan lupa catat resep odading berikut ini.


- 1/2 kg tepung terigu.


- 1 gelas air hangat (200 ml).


- 2 sdm ragi instant.


- 2 butir telur.


- 1/2 sdt garam halus.


- 200 gr gula pasir.


- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.


Ada beberapa cara agar kue odading bisa empuk dan mengembang sempurna, langsung simak tips dan triknya berikut ini.


- Menggunakan ragi yang masih baik


Membuat kue Odading, Anda membutuhkan ragi agar kue dapat mengembang sempurna. Pastikan ragi yang dipakai masih aktif bekerja.


Caranya, gunakan air hangat untuk memastikan apakah ragi masih aktif bekerja atau tidak. Masukkan air hangat ke dalam gelas kecil kemudian tambahkan ragi. Aduk ragi hingga larut dan diamkan selama beberapa saat. Jika muncul gelembung-gelembung udara di gelas tersebut, maka menandakan ragi masih baik untuk digunakan.


- Menggunakan air hangat untuk menguleni adonan


Air hangat digunakan untuk mengulang adonan agar ragi bekerja lebih efektif dan menghasilkan adonan yang bagus. Setelah ragi masuk, segera uleni adonan hingga kalis. Kalau sudah kalis, selanjutnya tutup mangkuk dengan kain atau plastic wrap agar adonan lebih cepat mengembang.


- Diamkan adonan selama 30 menit


Setelah tertutup rapat, lakukan proofing atau pendiaman adonan selama kurang lebih 30 menit. Agar adonan lebih cepat mengembang, lalu letakkan adonan di tempat yang paling hangat di area dapur.


Saat proses proofing, pastikan Anda menyalakan pengingat waktu. Karena kalau tidak, adonan bisa terlalu mengembang, kemudian tiba-tiba kempes karena ragi telah mati. Kalau terjadi seperti ini, kue odading akan menjadi keras dan bantat.


- Goreng dengan api sedang


Setelah proses proofing selesai, dan adonan sudah mengembang sempurna, ambil sedikit adonan lalu bentuk adonan menjadi bulat. Kalau semua adonan sudah dibentuk, selanjutnya goreng Odading dengan api sedang. Penggunaan api sedang bertujuan agar kue odading tidak cepat gosong dan matang merata.


Dengan resep Odading dan mencoba tips di atas, bukan tidak mungkin Anda bisa menyajikan kue Odading yang manis dan lezat. Selamat mencoba!

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan