Paduan Teh Hijau dan Madu untuk Cegah Kanker

Republika.co.id


Untuk kesehatan optimal cobalah seduh teh hijau bercampur satu sendok madu.


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Khasiat luar biasa dari teh hijau telah masyhur di masyarakat. Mulai dari pencegahan kanker hingga menjaga kesehatan jantung, menenangkan alergi dan menguatkan imunitas tubuh.


Jika Anda menderita alergi musiman, Anda tahu betapa menyedihkannya itu jika kambuh. Tetapi jika Anda menyukai teh hijau, bersyukurlah karena minuman ini bisa membantu meredakan alergi.


Dilansir dari laman Mashed, Kamis (3/6), teh hijau membantu meredakan alergi dan meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung tiga hal ini. Antara lain anti-inflamasi, antihistamin, dan mengandung L-theanine yakni asam amino yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.


Sifat antihistamin teh hijau dapat dikaitkan dengan senyawa epigallocatechin gallate yang di metilasi, yang tampaknya memblokir produksi histamin dan imunoglobulin E. Keduanya adalah sel-sel bertanggung jawab atas bersin tanpa henti dan mata berair, gejala alergi musiman.


Lalu bagaimana jika teh hijau dipadukan dengan madu? Rupanya perpaduan ini menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi alergi musiman. Menurut beberapa penelitian termasuk studi dari Malaysia disebutkan bahwa konsumsi madu lokal membantu mengurangi alergi musiman.


Diperkirakan bahwa dengan mengambil sedikit serbuk sari lokal, yang ditemukan dalam madu mentah yang belum diproses, tubuh dapat lebih kebal terhadap alergen ini, meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.


Jadi untuk kesehatan yang lebih optimal, Anda bisa mencoba menyeduh teh hijau dengan menambahkan satu sendok madu. Niscaya, tubuh akan jauh lebih sehat.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan