Tak Perlu Obat, Usir Nyamuk dengan 5 Tanaman Ini
Inspira Data

Salah satu hewan yang sering mengganggu kita saat bersantai adalah nyamuk. Hewan ini sering menggigit untuk menghisap darah kita. Meski gigitannya tidak sakit, nyamuk ternyata menyebabkan penyakit yang mengerikan seperti Demam Berdarah Dengue (DBD).



Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir hewan yang satu ini. Selain dengan obat yang banyak di jual di pasaran, mengusir nyamuk juga bisa menggunakan tanaman di bawah ini:



1. Bunga Rosemary







Rosmarinus officinalis atau dikenal dengan sebutan rosemary bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini mempunyai aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Karena aroma khas yang dimiliki rosemary sangat ampuh untuk mengusir nyamuk.



2. Akar Wangi







Tanaman ini mempunyai bau yang sangat kuat sehingga membuat nyamuk dan serangga pergi. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman pencegah demam berdarah karena nyamuk Aedes Aegypy tidak menyukai aroma dari akar wangi.



3. Kecombrang







Tumbuhan yang memiliki nama latin Etlingera eliator merupakan tanaman bunga yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini mempunyai banyak julukan di berbagai derah di Indonesia. Di Sunda tanaman ini disebut katan sedangkan di Medan disebut kincung.



4. Lavender







Bunga yang dikenal sebagai tanaman hias ini juga bisa digunakan untuk menangkal nyamuk. Terlebih, banyak produk anti nyamuk yang memakai bunga lavender sebagai bahan utama. Bunga lavender berasal dari kawasan penggunungan Alpen di Swiss. Kandungan linalool dan lynalyl acetate pada bunga ini menjadikan bunga lavender mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk.



5. Geranium







Jenis tanaman hias, termasuk suku “Geraniaceae”, sering ditanam di kebun atau di dalam pot, daunnya bergerigi berbentuk ginjal, ada yang bergaris merah tua pada permukaannya, bunganya berwarna merah, merah jambu, atau putih, mudah dikembangbiakkan dengan setek.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan