Tetap Berkontribusi Positif Ketika #Dirumahaja

Evi Teja

Hadirnya pandemik Covid-19 membuat kita semua dipaksa untuk melakukan banyak kegiatan di rumah dan menerapkan social distancing. Tentu saja itu membatasi ruang gerak dan komunikasi kita terhadap sesama secara langsung. Namun, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena kita tetap bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif dan berkontribusi terhadap sesama. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di rumah namun bisa tetap bermanfaat luas.


  • Melakukan Belanja Online


Sumber: instagram/perumdapasarjaya

Dengan melakukan kegiatan belanja online, kita membantu perekonomian sesama. Selain itu perputaran uang juga dapat menjaga kestabilan perekonomian Indonesia. Kita dapat membeli barang melalui platform marketplace online atau menghubungi langsung pedagang-pedagang yang menyediakan fasilitas pengiriman. Saat ini banyak pedagang pasar tradisional di Jabodetabek yang membuka fasilitas tersebut, list pedagangnya dapat dilihat di instagram Perumda Pasar Jaya pada https://www.instagram.com/perumdapasarjaya/


  • Melakukan Donasi atau Sedekah


Sumber: google.com

Banyak cara untuk melakukan donasi atau sedekah. Contohnya kita bisa mentraktir abang ojol dengan membelikan mereka makanan melalui fasilitas dari aplikasi ojol, berdonasi melalui online platform, maupun berdonsai offline seperti melalui sumbangan yang digerakan remaja masjid sekitar rumah. Hal tersebut mungkin dilakukan tanpa kita berinteraksi dengan banyak orang, namun bisa berdampak positif ke sesamai.


  • Berbagi Konten Positif


Sumber: google.com

Kita dapat berkontribusi terhadap sesama salah satunya dengan berbagi konten positif. Banyak konten positif yang bisa kita bagi, sesuai dengan kegemaran kita. Contohnya seorang Ibu Rumah Tangga dapat berbagi resep masakan, seorang fotografer dapat membagikan hasil jepretannya di social media, dan siapapun bisa berbagi kisah-kisah inspiratif yang terjadi di lingkungannya. Platform untuk berbagai konten positif juga sudah banyak, salah satunya memalui aplikasi umma ini.


  • Menjaga Silaturahmi


Sumber: google.com

Menjaga silaturahmi dengan menghubungi kerabat dan saudara melalui telepon ataupun online platform juga merupakan bentuk kontribusi positif di tengah social distancing yang diterapkan. Beberapa orang merasa bosan dan kesepian, dengan menghubungi kerabat kita dapat saling menghibur dan tentu itu berdampak positif untuk kita maupun kerabat kita.


  • Berdoa

Sumber: google.com

Kita dapat saling mendoakan satu sama lain bagaimanapun keadaan kita, bahkan ketika kita sedang kekurangan dan tidak memiliki apa-apa.


Itu tadi beberapa kegiatan untuk berkontribusi positif di tengah social distancing yang dapat kita lakukan. Jarak bukanlah alasan untuk kita tetap bermanfaat bagi sesama.






Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan