Tungku Surya Terbesar ke-2 di Dunia Ada di Negara Muslim Ini

Islam Pos


TENAGA surya merupakan sumber penting energi terbarukan. Teknologinya adalah solar pasif atau solar aktif. Faktanya, kategori teknologi surya ini bergantung pada bagaimana mereka menangkap dan mendistribusikan energi matahari atau mengubahnya menjadi tenaga surya.


Tungku surya adalah salah satu teknologi surya yang menggunakan tenaga surya terkonsentrasi untuk menghasilkan suhu tinggi. Cermin parabola atau heliostat memusatkan cahaya (Insolation) ke titik fokus. Suhu di titik fokus bisa mencapai 3.500 ° C. Panas ini memiliki beberapa aplikasi seperti pembangkit listrik, peleburan baja, pembuatan bahan bakar hidrogen dan bahan nano.


Tahukah, tungku surya terbesar ke-2 di dunia ternyata terletak di negara muslim?


Ya, lokasinya terletak di Uzbekistan. Orang-orang Uzbek membangun tungku tersebut pada tahun 1981 di ketinggian 1.100 m di atas permukaan laut sekitar 45 km dari ibu kota Uzbekistan, Tashkent. Selain itu, tungku ini juga yang terbesar di Asia.


Ini menggunakan susunan cermin melengkung yang bertindak sebagai reflektor parabola. Dapat menghasilkan suhu tinggi hingga 3.000 derajat Celcius.


Ilmuwan Uzbek telah memilih lokasi tungku dengan hati-hati karena tungku ini menikmati 270 hari sinar matahari per tahun. Faktanya, itu membentang di atas area seluas 1.840m2. Susunan cermin melacak matahari dan mengarahkan energi panas matahari ke wadah. []


SUMBER: ABOUT ISLAM

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan