Doa Setelah Sholat Istikharah Memohon Petunjuk Allah untuk Menentukan Pilihan

Okezone


DOA setelah sholat istikharah penting diketahui bagi Muslim yang ingin mengamalkannya. Terkadang dalam hidup, manusia dihadapkan pada pilihan yang membuatnya pusing bahkan sampai bingung saat harus memutuskan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dalam Islam terdapat solusinya yaitu melalui Sholat Istikharah dan doanya.


Sekilas mungkin sebagian orang sudah pernah mendengar tentang Sholat Istikharah, yang diketahui sebagai amalan tatkala sedang bimbang untuk memilih suatu pilihan agar diberi kemantapan hati untuk menetapkan keputusan.


Lalu selesai melaksanakan Sholat Istikharah, adakah doa yang harus dibaca agar terkabul hajat kita dan mendapatkan petunjuk?


Baca Juga: 5 Penjelasan Ulama Mengapa Syariat Islam Berat Dilaksanakan


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya tidak ada bacaan doa khusus seperti mungkin pelaksanaan sholat lainnya ketika melangsungkan Sholat Istikharah.


Namun terdapat tuntunan yang diajarkan Rasulullah SAW sebagai doa yang dipanjatkan usai melaksanakan sholat ini, yaitu sebagai berikut :


اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ.


اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ (…) خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ


هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ


رَضِّنِىْ بِهِ


“Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub.”“Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.”


Baca Juga: Jemput Jodoh Syari di Bantul Sudah 200 Pasangan Menikah


Artinya :


“Ya Allah, aku meminta petunjuk kebaikan-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon keputusan-Mu dengan qudrat-Mu dan aku meminta dengan karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya Engkau yang berkuasa sedangkan aku tida berkuasa. Engkau Yang Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkau Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.


“Ya Allah, sekiranya engkau ketahui bahwa (sebutkan Pilihan yang dihadapi) baik untukku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka takdirkanlah ia untukku, mudahkanlah ia, lalu berkahilah aku padanya.”


Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran


“Ya Allah, dan sekiranya engkau mengetahui buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka hindarkanlah aku darinya, kemudian takdirkanlah untukku kebaikan bagaimanapun adanya, lalu berilah aku keridhaan dengannya.” (HR. Ahmad dan Bukhari).

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan