Ini Dia Program Andalan ACT Hadapi Kekeringan

Daulat - umma

Sahabat umma, untuk menangani masalah kekeringan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengedepankan tiga program unggulan yaitu penyediaan air bersih bagi warga terdampak, layanan medis, dan bantuan pangan.


Presiden ACT, Ibnu Khajar mengatakan, dalam empat bulan terakhir pihaknya telah memproses kurang lebih sebanyak 1.400 sumur wakaf di seluruh Indonesia.


Tahap awal penanganan kekeringan ACT akan suplai kebutuhan air bersih sebanyak 2,1 juta liter per hari melalui mobile water tank dengan total 60 juta liter/bulan. 


"Sebanyak 28 kantor cabang ACT akan menggerakkan 15 water tank setiap harinya. Ini dilakukan supaya jangan sampai masyarakat harus naik ke gunung dan turun ke jurang hanya untuk mendapatkan air bersih," kata Ibnu kepada media di Jakarta, Selasa (20/8/2019).


Dia melanjutkan, semua program yang telah dijalankan pun harus ada partisipasi yang aktif pula dari para pendonor dan penerima manfaat untuk menghadapi siklus kemarau yang sudah terjadi puluhan tahun ini. 



Presiden Aksi Cepat Tanggap, Ibnu Khajar, saat memberikan keterangan kepada media di Jakarta, Selasa (20/8/2019). (Foto: Daulat)


Di sisi lain, ACT juga berkolaborasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk pemanfaatan data dan diseminasi kepada masyarakat.


"Kami menerjunkan sukarelawan kami untuk mencari titik mana saja yang krusial," jelas Ibnu.


Tidak hanya itu, dari sisi pelayanan medis, ACT terus rutin dalam memberikan layanan dan edukasi kesehatan di daerah-daerah yang terkena bencana kekeringan ekstrim hingga persiapan program jangka panjang untuk mengatasi siklus kekeringan ini.


Program-program tersebut yaitu program pemberdayaan masyarakat, pembangunan embung, biopori, pembuatan sumur resapan, program ruang terbuka hijau bersama permerintah, dan program lainnya yang telah disiapkan. 


"Program jangka panjang ini sebagai solusi untuk daerah rawan kekeringan dalam menghadapi musim kemarau di tahun-tahun mendatang," ungkapnya. 

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan