Layanan Sejiwa Bantu Lindungi Masyarakat dari Covid-19

Erna Martiyanti - umma

Pemerintah meluncurkan program sehat jiwa (Sejiwa). Program ini merupakanan layanan bantuan psikologi untuk masyarakat di tengah pandemi virus corona jenis baru atau Covid-19. 


Peluncuran program ini dilakukan di dilakukan Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, pada Rabu (29/4/2020).


"Peluncuran layanan psikologi untuk sehat jiwa atau Sejiwa adalah salah satu langkah strategis pemerintah untuk melindungi masyarakat dari ancaman Covid-19," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo melalui telekonferensi video di Jakarta seperti umma kutip dari Antara, Rabu (29/4/2020).



Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: Antara)


Doni mengemukakan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan psikologis dalam menghadapi Covid-19. Terlebih aktivitas masyarakat dibatasi dengan berbagai kebijakan, misalnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik.


"Masyarakat harus selalu diajak untuk menjaga stamina, makan-makanan bergizi, istirahat cukup, olahraga teratur, gembira, dan tidak boleh panik. Kalau kita bisa menggunakan istilah gampangnya, perut kenyang, hati senang, dan pikiran tenang," katanya.


Kepanikan, depresi, ketakutan, dan kecemasan, ia mengatakan, bisa menurunkan imunitas tubuh sehingga tubuh akan mudah terpapar virus corona penyebab Covid-19.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan