Saud Anwar, Dokter Muslim Penemu Ventilator 7in1 Tangani Covid-19 di Amerika

Tya Eka-umma

Nama dokter asal Pakistan ini tengah jadi sorotan di Amerika Serikat. Dr Saud Anwar menerima banyak pujian setelah berinovasi dengan membuat ventilator untuk pasien covid-19 yang bisa digunakan untuk 7 pasien sekaligus.


Seperti diketahui, jumlah kasus positif covid-19 di Amerika Serikat lebih dari 640 ribu dengan angka kematian lebih dari 28 ribu jiwa. Hal ini membuat dokter spesialis paru rumah sakit Manchester Memorial Hospital ini ikut cemas.


Dokter Saud Anwar (Facebook/State Senator Saud Anwar)


Dengan banyaknya pasien, rumah sakit pun kekurangan peralatan seperti ventilator. Hal ini membuat Dr Saud Anwar memutar otak. Bersama Kevin Dyer, pemilik percetakan Interpro 3D Printing di Deep River, Connecticut mereka pun membuat satu ventilator yang bisa menangani banyak pasien dalam waktu bersamaan.


Mereka kemudian menghubungi seorang pria bernama Robert Conley yang merupakan insinyur teknik mesin. Pria asal Libanon ini pun bersedia mendesain ventilator sesuai konsep Kevin Dyer dan Saud Anwar.


Desain produk pun berhasil diselesaikan dalam waktu beberapa hari saja. Kevin kemudian mencetak hasil desain tersebut dan mengujinya di rumah sakit. Hasilnya sukses, ventilator tersebut berhasil digunakan 7 pasien dalam waktu bersamaan.


Mereka pun mengunggah desain produk tersebut agar bisa diunduh oleh setiap orang di seluruh dunia sehingga mereka bisa mengatasi kekurangan ventilator di negara masing-masing.


Dokter yang juga Senator Negara Bagian Connecticut ini juga membuatkan video demonstrasi bagaimana cara mengoperasikan ventilator tersebut. Ide dari Anwar Saud ini patut dapat apresiasi karena telah menyelamatkan banyak nyama di tengah pandemi ini.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan