Jangan Samakan Menabung dengan Investasi, Ini Perbedaannya

DompetKu

Semakin beranjak dewasa, pengetahuan kita tentang keuangan juga semakin bertambah. Kalau umumnya orang tahu untuk menambah uang kita harus menabung sama saja dengan investasi. Apa benar begitu?



Menabung dan investasi, di kupas dari sisi definisi, karakteristik dan jenis produk, keduanya berbeda. Agar ilmu pengetahuan soal keuangan Anda bertambah, berikut beberapa penjabaran yang harus dipahami tentang perbedaan menabung dan investasi.


Definisi Menabung dan Investasi



Menabung merupakan kegiatan menyimpan uang yang disisihkan dari penghasilan harian atau bulanan. Pada umumnya tabungan disimpan di tempat yang aman. Walau dari kecil sudah diajarkan menabung di celengan, namun pada zaman sekarang kebanyakan orang sudah beralih ke tempat yang lebih aman, yaitu bank. Nah, tabungan tersebut menyimpan uang yang Anda. Selanjutnya, uang di tabungan bisa ditarik sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.



Sedangkan, investasi adalah pembelian aset moneter yang memiliki nilai, di mana nilai sejumlah dana yang Anda investasikan bisa berpotensi meningkat dan sebaliknya, menurun. Investasi ini juga memiliki keuntungan yang sangat besar dalam jangka waktu lama, yaitu dapat menambah jumlah kekayaan yang dimiliki.



Nah, bagaimana menurut Sahabat Ummah?

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan