Wajib Tahu, Ini Dia Tips Jaga Kerahasiaan Data Perbankan

DompetKu

Kerahasiaan data Anda dalam urusan perbankan sangatlah penting. Jika sampai bocor, data Anda akan disalahgunakan dan bisa membuat Anda merugi. Dilansir dari Bisnis.com, berikut hal penting yang wajib diwaspadai untuk mencegah terjadinya penipuan.

1. Waspadai permintaan informasi data diri dan perbankan Anda

Anda perlu waspada dengan segala trik yang bisa memperdaya Anda untuk memberikan informasi data diri dan perbankan secara detail, seperti nomor KTP, tanggal lahir, nama gadis ibu kandung, nomor kartu debit/kredit Anda, tiga nomor belakang (CVV) kartu kredit, atau PIN ATM.

2. Hindari penggunaan PIN sesuai tanggal lahir

Tanggal lahir Anda bisa jadi sangat mudah dilacak. Anda mungkin pernah menulis tanggal lahir tersebut pada halaman media sosial Anda, atau menyebarkan profil dan biodata Anda secara tidak sengaja secara digital.

3. Hindari transaksi dengan wifi publik

Koneksi wifi publik bisa saja tidak aman untuk transaksi yang Anda lakukan. Data dan informasi penting mengenai kartu kredit dan debit Anda bisa seaktu-waktu dapat diambil dan disalahgunakan.

4. Kenalilah produk dan merchant sebelum membayar

Jika membayar dengan kartu kredit, Anda perlu mengenal produk atau merchant Anda sebelum memberikan 16 nomor kartu kredit Anda untuk melakukan pembayaran.

5. Ingat, kartu kredit hanya digesek sekali

Pastikan petugas merchant melakukan satu kali untuk setiap kali pembayaran. Penggesekan dobel hanya dilakukan jika transaksi gagal.

6. Segera hubungi call centre jika ada yang mencurigakan

Apabila Anda merasa tidak yakin atau curiga dengan transaksi internet atau mobile banking, sebaiknya segera hubungi call centre bank penerbit. Pastikan juga call centre yang Anda hubungi adalah saluran resmi bank

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan