Besek Bambu Pembungkus Daging Kurban Bermanfaat bagi Petani

M Yusuf Agam-umma

Sahabat umma, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan seruan penggunaan 'besek bambu' untuk pembungkus daging hewan kurban tak hanya bermanfaat karena ramah lingkungan.


Anies menyebutkan, penggunaan 'besek bambu' juga mendongkrak ekonomi rakyat, karena akan membuat para perajin bambu dan petani mendapat keuntungan dari produk tersebut.


"Tapi yang pasti besek dibuat perajin bambu, jadi nanti ribuan masjid di Jakarta kalau ganti plastik ke bambu dirasakan manfaat petani dan perajin bambu," kata Anies di Masjid Islamic Center, Jakarta Utara, Selasa (30/7/2019).



Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan simbol 'besek bambu' ke petugas masjid. (Foto: M Yusuf Agam)


Anies mengaku sudah berkoordinasi dengan PD Pasar Jaya untuk menerima supplier pembuat 'besek bambu'. Anies menegaskan Jakarta siap untuk menerima para supplier dari daerah.


"Ini ikut menggerakkan ekonomi rakyat. Jakarta siap untuk menampung perajin besek bambu," tutur Anies.


Anies menambahkan 'besek bambu' bisa digunakan untuk keseharian. Sedangkan plastik hanya bisa dipakai untuk sekali pakai. 


"Kita ingin yang bisa didaur ulang. Kalau plastik, khususnya plastik hitam kan cuma sekali pakai. Kalau besek bisa dipakai untuk nanti lagi, bisa didaur ulang," jelas Anies.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan