Bolehkah Sembelih Seekor Kambing Quran Untuk Satu Keluarga?

Rumah Fiqih Indonesia



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum


Selama ini yang kita tahu dibolehkan untuk berpatungan seekor sapi qurban untuk tujuh orang. Tetapi saya baca hadits bahwa ternyata dulu Rasulullah SAW cuma menyembelih seekor kambing, tetapi diperuntukkan bagi keluarganya. Lalu kenapa kita sekarang ini tidak boleh berpatungan untuk membeli seekor kambing?


Padahal kalau dihitung-hitung, jumlah anggota keluarga Rasulullah SAW lebih dari tujuh orang. Saya hitung, jumlah istri beliau sampai 9 orang dan jumlah putera-puteri beliau 7 orang. Kalau ditambah dengan diri Rasulullah SAW sendiri, maka total 17 orang. Sedangkan hewan yang disembelih cuma seekor kambing.


Pertanyaan saya : bagaimana kita memahami hadits ini? Mohon penjelasan dari ustadz dan terima kasih sebelumnya.


Wassalamu'alaikum


Jawaban :

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,


Pertanyaan Anda memang cukup menggelitik dan memancing rasa penasaran. Dan hadits yang Anda maksudkan itu memang benar ada dan kita menemukan ada beberapa hadits yang senada.


Salah satunya bahwa Rasulullah SAW pernah menyembelih seekor kambing yang ditujukan untuk diri beliau dan keluarga. Teks lengkap haditsnya sebagai berikut :


ضَحَّى النَّبِيُّ صَلّىَ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ سَمِيْنَيْنِ أَقْرَنَيْنِ أَمْلَحَيْنِ أَحَدُهُمَا عَنْ أُمَّتِهِ وَالثَّانِي عَنْ نَفْسِهِ وَآلِهِ


Nabi SAW menyembelih dua ekor kambing kibash yang gemuk bertanduk. Yang pertama untuk umatnya dan yang kedua untuk diri beliau dan kelaurganya


كُنَّا نُضَحِّي بِالشَّاةِ الْوَاحِدَةِ يَذْبَحُهَا الرَّجُلُ عَنْهُ وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِهِ ثُمَّ تَبَاهَى النَّاسُ بَعْدُ فَصَارَتْ مُبَاهَاةً


Kami pernah berkurban satu ekor kambing untuk satu orang dan keluarganya, setelah itu orang-orang saling berbangga-bangga dan berlaku sombong.


كُنَّا وُقُوفاً مَعَ النَّبِيِّ فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ عَلَى كُلِ أَهْلِ بَيْتٍ فيِ كُلِّ عَامٍ أُضْحِيَّةِ


Kami wuquf bersama Rasulullah SAW, Aku mendengar beliau bersabda,"Wahai manusia, hendaklah atas tiap-tiap keluarga menyembelih seekor udhiyah (hewan qurban) setiap tahun.


Bersekutu Dalam Pahala Bukan Dalam Biaya


Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,


Ahmad Sarwat, Lc., MA

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan