Inilah Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang Perlu Kamu Tahu

Go Muslim


Inilah Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang Perlu Kamu Tahu


gomuslim.co.id - Dzulhijjah merupakan salah satu bulan dalam penanggalan hijriah. Bulan ini menjadi salah satu bulan yang diistimewakan atau disucikan bagi umat islam. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW “Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan diantaranya terdapat empat bulan yang dihormati : 3 bulan berturut-turut; Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram serta satu bulan yang terpisah yaitu Rajab Mudhar, yang terdapat diantara bulan Jumada Akhiroh dan Sya’ban.” (HR. Bukhari  dan Muslim)


Mendengar bulan dzulhijjah erat kaitannya dengan musim haji. Ternyata dzulhijjah berasal dari dua kata yakni dzul yang artinya pemilik dan hijjah artinya haji. Bagi jamaah haji bulan ini menjadi suatu momen yang dinanti-nanti dimana puncak ibadah haji yakni wukuf pada tanggal 9 dzulhijjah di Arafah.


Sebelum memasuki bulan ini sudah tau belum apa saja keutamaannya?


1.      Allah sangat mencintai amalan-amalan sholeh yang dikerjakan hambanya pada bulan dzulhijjah, terutama disepuluh hari pertamanya


“Tidaklah ada hari-hari di mana amal shalih di dalamnya lebih dicintai Allah dibanding hari-hari ini (yakni 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah)’. Lalu para sahabat berkata, ‘Tidak juga jihad di jalan Allah, wahai Rasulullah?’ Rasulullah menjawab, ‘Tidak juga jihad di jalan Allah, kecuali orang yang keluar untuk berjihad dengan diri dan hartanya kemudian semuanya itu tidak kembali lagi (yakni mati syahid).” (HR. Bukhari)


2.      Dzulhijjah merupakan bulan berkumpulnya ibadah-ibadah yang utama


Dalam Fath al-Bar, Ibnu Hajar al-Asqalani pernah menyampaikan bahwa “Sebab yang jelas tentang keistimewaan sepuluh hari di bulan Dzulhijjah adalah karena pada hari tersebut merupakan waktu berkumpulnya ibadah-ibadah utama; yaitu shalat, shaum, shadaqah dan haji. Dan itu tidak ada di hari-hari selainnya.”


3. Dzulhijjah merupakan bulan yang pahala amalnya tidak pernah berkurang, dan bahkan dilipatgandakan


Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam yang artinya “Ada dua bulan yang pahala amalnya tidak pernah berkurang, kedua bulan itu adalah bulan id: bulan Ramadhan dan bulan Dzulhijjah.” (HR. Al Bukhari & Muslim).


4.      Dzulhijjah merupakan bulan yang memiliki hari-hari yang khusus, yakni 8, 9, 10 dzulhijjah


Pada tanggal 8 disebut juga hari tarwiyah Pada hari ini, umat muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji dianjurkan untuk berpuasa, sebagaimana ucapan Nabi Sholallahu Alaihi Wassalam:


“Barang siapa yang tidak melakukan ibadah haji, maka ia di sunnahkan baginya untuk berpuasa pada hari tarwiyah yaitu hari ke-8 bulan dzulhijjah dimana ia akan memperoleh kebaikan dari Allah berupa pengampunan dosa 1 tahun yang telah lalu” (HR. Bukhori)


Tanggal 9 yakni hari arafah, hari yang penuh dengan keberkahan, dimana Allah memberikan kebebasan bagi banyak orang dari api neraka serta membangga-banggakan para jama’ah haji di hadapan para Malaikat-Nya.


Dari Aisyah radhiallahu anha, ia berkata, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda yang artinya:


“Tidak ada hari yang Allah lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari adzab neraka daripada hari ‘Arafah. Sesungguhnya Dia (pada hari itu) mendekat, kemudian menbangga-banggakan mereka (para jama’ah Haji) dihadapan para Malaikat.” Lalu Dia bertanya,”Apa yang diinginkan oleh para jama’ah Haji itu?” (HR. Muslim)


Sedangkan tanggal 10 disebut hari An-Nahr pada hari tersebut umat muslim merayakan hari raya Idhul Adha dan melaksanakan sholat sunnah ied, serta menyembelih hewan qurban. Dan pada hari itu, umat muslim dilarang untuk berpuasa.


Wallahu A’lam Bishowab

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan