MUI Dukung Seruan Anies soal Pembungkus Hewan Kurban

M Yusuf Agam-umma

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung imbauan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penggunaan pembungkus daging hewan kurban.


Dalam seruannya, Anies meminta seluruh panitia hewan kurban tak menggunakan plastik sekali pakai untuk pembungkus hewan kurban.


"MUI pusat tidak pernah mewajibkan masalah ini kepada MUI provinsi tapi sebagai warga negara dan sebagai hamba Allah kita dilarang merusak alam dan lingkungan hidup kita sendiri," kata Sekjen MUI Anwar Abbas saat dihubungi umma, Senin (29/7/2019).



Hewan kurban.


Oleh karena itu, Anwar mengajak masyarakat menjaga lingkungan hidup, salah satunya mematuhi seruan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Anwar pun berharap seruan seperti Anies juga dilakukan oleh seluruh gubernur di Indonesia.


"Iya bagus karena kantong plastik itu sangat-sangat merusak lingkungan. Mungkin sebagian besar masyarakat tidak tahu dampak buruk dari pemakaian plastik terhadap lingkungan dan kesuburan tanah untuk itu," kata Anwar. 


Anwar berharap, imbauan tersebut tak hanya diucapkan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI tapi seluruh gubernur di Tanah Air. 


Sebelumnya, wacana penggunaan besek sebelumnya juga dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta mengimbau kepada panitia-panitia kurban untuk menggunakan besek.


"Apalagi menggunakan kantong plastik keresek hitam pada saat membagikan daging kurban. Kami imbau panitia kurban menggunakan wadah yang ramah lingkungan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih dalam keterangannya, Rabu (24/7/2019).

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan