Tentukan Awal Zulhijjah Kemenag Gelar Sidang Isbat

Daulat - umma

Sahabat umma, dalam waktu dekat umat Islam sedunia akan merayakan Hari Raya Iduladha yang jatuh setiap 10 Zulhijjah. 


Untuk menetapkan kepastian perayaan Iduladha, Kementerian Agama menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Zulhijjah, Kamis (1/8/2019) besok di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin No 6, Jakarta.



Ilustrasi. (Foto: santriema)


Sidang rencananya dipimpin Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama Muhammadiyah Amin karena Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tengah bertugas sebagai Amirul Hajj di Arab Saudi. 


Amin menjelaskan, sidang isbat akan dihadiri para tamu undangan dari berbagai unsur yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR-RI, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).


Kemudian Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, dan para duta besar negara sahabat. 


"Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah," kata Amin dalam keterangannya kepada media, Rabu (31/7/2019).


Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menambahkan, penentuan awal Zulhijjah 1440 H menunggu hasil Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain setempat.


“Hasil Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia dan Data Hisab Posisi Hilal awal Zulhijjah 1440 H akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Zulhijjah 1440 H dan Iduladha,” jelasnya.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan