Apa Saja Manfaat Membaca Surat Al Fatihah 100 Kali?

umroh.com


Umroh.com – Wirid atau membiasakan lisan selalu berdzikir merupakan cara mendekatkan diri kepada Allah. Salah satu wirid yang banyak diajarkan para ulama adalah rutin membaca surat Al Fatihah. Lalu apa saja manfaat membaca surat Al Fatihah 100 kali? Simak penjelasannya.


Tim Umroh.com memaparkan, beberapa ulama yang dikenal mengamalkan dan mengajarkan wirid ini di antaranya KH.Abdurrahman Wahid, KH.Hamim Jazuli (Gus Miek), KH.Achmad Shidiq (salah satu perumus Pancasila), KH.Abdul Hamid, KH.Dalhar, KH.Mundzir, dan sebagainya. Mereka dikenal memiliki spiritualitas tinggi. Beberapa bergelar waliyullah atau kekasih Allah yang makamnya selalu dibanjiri para peziarah.


Dijelaskan oleh para ulama tersebut, surat Al Fatihah juga disebut dengan Surat Kafiyah atau surat yang mencukupkan. Karena itu membaca surat Al Fatihah dengan penuh penghayatan, terlebih bila dijadikan dzikir, akan membawa manfaat tersendiri. Salah satu manfaatnya, membawa kecukupan bahkan keajaiban.


Cara Wirid Membaca Surat Al Fatihah 100 Kali


Agar mendapat manfaat membaca surat Al Fatihah 100 kali, para ulama merumuskan tata caranya. Para ulama tersebut mengajarkan sebuah tradisi berdzikir yang bernama Dzikrul Ghofilin, dimana inti ajarannya adalah mendekatkan diri kepada Allah lewat berdzikir. Menurut Gus Miek, tujuannya murni untuk kebahagiaan di akhirat.


Fadhilah yang mengikutinya adalah urusan dunia yang ikut tertata. Karena biasanya orang yang sibuk menata hati untuk kebaikan akhiratnya akan mendapatkan urusan dunia yang juga ikut tertata.


Dalam tradisi Dzikrul Ghofilin, membaca surat Al Fatihah 100 kali dilaksanakan selama 40 hari. Setiap hari kita membaca surat Al Fatihah 100 kali, dan boleh dicicil dengan membacanya setiap selesai shalat lima waktu. Amalan tersebut sebagaimana yang diajarkan oleh Imam Al Ghazali.


Manfaat Membaca Surat Al Fatihah 100 Kali


Jika rutin membaca surat Al Fatihah sebanyak 100 kali setiap hari, maka kita akan mendapat berbagai fadhilah. Orang-orang yang sudah mengamalkannya membagi cerita dan motivasi tentang manfaat membaca surat Al Fatihah 100 kali sebagai berikut.


1. Dimudahkan dalam Memperoleh Ilmu Pengetahuan


Dengan rutin membaca surat Al Fatihah 100 kali, Allah akan memberikan ilmu dengan ijinNya.


2. Diberi Kemudahan Mengontrol Hati dan Pikiran


Orang yang rutin membaca surat Al Fatihah 100 kali dalam sehari akan terjaga pikiran dan hatinya, sehingga terhindar dari hal-hal yang memberi akibat buruk. Dalam sebuah hadis, diceritakan bahwa Rasulullah menyembuhkan orang yang menderita sakit jiwa dengan ijin Allah. Kala itu, salah satu surat yang dibaca adalah surat Al Fatihah. Karena itu, salah satu manfaat membaca surat Al Fatihah 100 kali adalah dimudahkan menjaga kebaikan serta kesehatan hati dan pikiran.


3. Dikabulkan Hajat yang Baik


Manfaat membaca surat Al Fatihah 100 kali yang banyak dirasakan adalah dikabulkannya hajat baik seseorang. Apapun masalah yang sedang dirasakan, atau tujuan yang ingin dicapai bisa terlaksana jika kita mendekatkan diri kepada Allah lewat membaca surat Al Fatihah 100 kali.


4. Dilancarkan Rezeki


Jika menginginkan rezeki lebih, maka sebaik-baik tempat meminta hanyalah kepada Allah. Salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah adalah wirid membaca surat Al Fatihah 100 kali. Jika rutin dilaksanakan (misal membacanya 20 kali setiap usai shalat), maka Allah akan memudahkan rezeki kita, menaikkan derajat kita ke tempat yang lebih baik, serta mempermudah urusan di dunia.


Syekh Muhyiddin Ibnul Arabi menganjurkan agar kita berdoa setelah membaca surat Al Fatihah. Doa yang diijazahkan oleh beliau dalam Kitab ‘Qaddasallaahusirrahu’ adalah:


“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surah Al – Fatihah dan rahasianya, sehingga Engkau bukakan bagiku pintu-pintu rahmat, karunia-Mu dan rezeki-Mu. Dan Engkau mudahkan setiap urusanku, murahkanlah bagiku rezeki-Mu yang banyak berkat tanpa kekurangan dan tanpa susah payah, sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu. Aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surah Al-Fatihah dan rahasianya, berikan apa yang kuhajati _______”.


5. Diberi Kesembuhan


Segala sakit yang dirasakan manusia sejatinya berasal dari Allah. Selain berikhtiar mencari kesembuhan dengan mendatangi petugas medis, cara paling utama untuk memperoleh kesembuhan ialah memintanya kepada Allah.


Cara meminta yang baik adalah dengan disertai amal sholeh, seperti membaca surat Al Fatihah 100 kali. Apalagi Al Fatihah memang dikenal sebagai surat penyembuh atau ruqyah, maka Insya Allah kesembuhan akan lebih mudah diraih.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan