Harus Tahu! Ini 6 Keutamaan Surat Al Ikhlas

umroh.com


Umroh.com – Rasa-rasanya, hampir setiap umat muslim hafal surat Al Ikhlas. Surat ini termasuk surat pendek terpopuler di dalam Al Quran. Sehingga hampir semua umat muslim bisa menghafal dan memahami artinya. Namun, apa saja keutamaan surat al ikhlas? simak penjelasannya.


Keutamaan Surat Al Ikhlas


1. Setara dengan Sepertiga Al Quran


Tim Umroh.com memaparkan, walaupun singkat, kandungan surat Al Ikhlas sangat besar. Bahkan, surat ini sebanding dengan satu per tiga Al Quran. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Sa’id Al Khudri, Rasulullah bersabda, “Demi (Allah) yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya surah al-Ikhlas sebanding (dengan) sepertiga Al Quran”.


Surat Al Ikhlas memang mengandung nama-nama Allah serta sifat-sifat Allah yang menggambarkan keesaan dan kebesaran Allah. Dijelaskan dalam kitab Fathul Baari, Al Quran terbagi menjadi tiga bagian. Tauhid, hukum syariat Islam, dan berita tentang makhluk.


Surat Al Ikhlas sendiri sarat pesan tentang tauhid. Pertama, hanya Allah tempat bergantung. Kedua, Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan. Ketiga, tidak ada yang setara denganNya. Bahkan menurut para ulama, membaca Al Ikhlas sebanyak tiga kali setara dengan membaca seluruh Al Quran.


Abu Sa’id Al Khudri menuturkan bahwa Rasulullah bertanya kepada para Sahabat, “Apakah seseorang dari kalian tidak mampu membaca sepertiga Al Quran dalam satu malam (saja)?”. Pertanyaan itu membuat para Sahabat keberatan, (sehingga) mereka pun berkata: “Siapa di antara kami yang mampu melalukan hal itu, wahai Rasulullah?”


Lalu Rasulullah bersabda, “Allahul Wahidush Shamad, (adalah) sepertiga Al Quran” (HR.Bukhari). Surat yang dimaksud adalah Al Ikhlas.


2. Mendapat Cinta Allah


Orang yang membaca surat Al Ikhlas dengan penuh penghayatan dapat meresapi keberadaan Allah yang Maha Esa. Jika dihayati, kita akan sadar bahwa memang benar hanya Allah tempat kita bergantung, dan tidak ada sekutu baginya. Keyakinan itulah yang seharusnya dimiliki oleh setiap mukmin yang telah ikhlas menyerahkan dirinya pada Allah Ta’ala.


Sebuah hadis tentang keutamaan surat Al Ikhlas menyebutkan bahwa ada seorang Sahabat yang sangat gemar membaca surat Al Ikhlas. Ia gemar karena di dalamnya terkandung gambaran sifat Allah. Rasulullah yang mengetahuinya kemudian bersabda bahwa Allah mencintainya.


A’isyah ra. menuturkan bahwa Rasulullah pernah mengutus seseorang kepada sekelompok pasukan, dan ketika orang itu menjadi imam dalam shalatnya, ia membaca dan mengakhiri (bacaannya) dengan Qul Huwallahu Ahad. Maka tatkala mereka kembali pulang, mereka bercerita kepada Rasulullah.


Rasulullah lalu bersabda: “Tanyalah ia, mengapa ia berbuat demikian?” Lalu mereka bertanya kepadanya. Ia pun menjawab: “Karena surat ini (mengandung) sifat ar Rahman, dan aku cinta untuk membaca surat ini”. Lalu Rasulullah bersabda: “Beritahu dia, sesungguhnya Allah pun mencintainya”.


3. Menambah Rezeki


Diriwayatkan Imam Thabrani dari Jarir bin Abdillah. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca qul huwallahu ahad (surah Al-Ikhlas) ketika memasuki rumahnya, maka kefakiran akan hilang dari penghuni rumah tersebut dan dari tetangganya.”


Sementara riwayat lain dari Abu Musa Al-Madini dari Sahl bin Sa’ad mengisahkan, dahulu ada seseorang mengadu pada Rasulullah mengenai kefakiran dan kesulitan ekonominya. Kemudian Rasulullah berkata padanya, “Jika kamu masuk rumah, ucapkanlah salam jika ada seseorang di dalamnya. Jika tidak ada seseorang, maka ucapkanlah salam padaku dan bacalah qul huwallahu ahad satu kali. Lantas orang itu mengerjakan perintah Rasulullah. Tak lama Allah memberikan banyak rezeki kepadanya hingga melimpah kepada tetangganya.



4. Menjadikan Seseorang Masuk Surga


Keutamaan surat Al Ikhlas berikutnya adalah jika dibaca (dengan sungguh-sungguh) bisa menjadi penyebab seseorang masuk surga.


Dituturkan Abu Hurairah. Suatu hari ia sedang bersama Rasulullah, lalu beliau mendengar seseorang membaca surat Al Ikhlas. Maka Rasulullah bersabda: “Telah wajib”. Abu Hurairah bertanya, “Apa yang wajib?” Rasulullah bersabda, “(Telah wajib baginya) surga.” (HR.Tirmidzi).


5. Menjadi Pelindung


Keutamaan surat Al Ikhlas jika dibaca bersama surat An Nas dan Al Falaq akan menjadi pelindung kita dengan izin Allah. Keutamaan ini diajarkan oleh Rasulullah.


Dituturkan oleh Uqbah bin ‘Amir al Juhani Ra. Rasulullah bersabda, “Tidak ada seorang pun yang berlindung (dari segala keburukan) seperti orang orang yang berlindung dengannya (tiga surat) tersebut” (HR.An Nasa’i).


Bukan hanya dalam keadaan bangun dan sadar, ketiga surat itu juga bisa melindungi (dengan izin Allah) saat kita sedang tidur. Dituturkan oleh A’isyah Ra, Rasulullah terbiasa membaca ketiga surat tersebut sebelum tidur.


Aisyah ra. menuturkan, “Sesungguhnya apabila Rasulullah ingin merebahkan tubuhnya (tidur) di tempat tidurnya setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, kemudian beliau sedikit meludah padanya sambil membaca surat “Qul Huwallahu Ahad” dan “Qul A’udzu bi Rabbin Naas” dan “Qul A’udzu bi Rabbil Falaq,” kemudian (setelah itu) beliau mengusapkan ke dua telapak tangannya ke seluruh tubuhnya yang dapat beliau jangkau. Beliau memulainya dari kepalanya, wajahnya, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukannya sebanyak tiga kali” (HR.Bukhari).


6. Menjadi Sebab Dikabulkan Doa


Jika kita memiliki hajat atau keinginan, maka berdoa dengan didahului surat Al Ikhlas akan memudahkan doa dikabulkan. Sebuah hadis tentang keutamaan surat Al Ikhlas ini dituturkan Buraidah bin al Hushaib al Aslami ra.


“Sesungguhnya Rasulullah mendengar seseorang berkata, “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepadaMu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada illah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepadaMu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara denganNya.”


Kemudian Rasulullah bersabda, “Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan namaNya, yang jika Ia dimintai dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseru dengannya, (pasti akan) mengabulkannya” (HR.Abu Dawud).

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan