Hikmah Takziah dan Keutamaannya dalam Islam

umroh.com


Umroh.com – Kematian yang di alami oleh setiap makhluk adalah takdir yang tak dapat dihindari maupun di tunda. Oleh karena itu menerima serta ikhlas dalam menjalani kehidupan ialah kunci meraih ketenangan dalam hidup. Terdapat beberapa keutamaan takziah yang belum banyak orang tahu, mungkin belum tahu tapi dengan sendirinya tahu jika kegiatan tersebut sangat baik. Lalu apa sih kira-kira hikmah dari takziah itu sendiri?


Saat manusia tertimpa musibah, bertakziah ialah bentuk rasa simpati kita terhadap musibah yang sedang di alami oleh orang tersebut dan merupakan Salah satu sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang telah diajarkan kepada para sahabat ketika ada yang sedang tertimpa musibah adalah bertakziah.


Dalil Anjuran Bertakziah


Berbicara masalah Takziah, tentunya memang tidak terlepas dari musibah kematian. Dalam kehidupan, yang namanya kematian tidak akan memandang siapa saja, mau itu orang tua, anak muda, anak-anak, bahkan bayi yang belum lahir pun akan menghadapi yang namanya kematian dengan atas kehendak Allah swt. Untuk itu sebagai sesama umat muslim, memberikan penghormatan terakhir serta turut bela sungkawa atas musibah yang dihadapi adalah suatu anjuran yang patut menjadi kebiasaan dalam hidup bersosial.


Di antara hadis yang dijadikan dasar oleh para ulama tentang anjuran bertakziah adalah hadis riwayat al-Tirmidzi dan al-Baihaqi dari Abdullah bin Mas’ud, dari Nabi Saw bersabda;


“Barangsiapa yang bertakziah kepada orang yang tertimpa musibah, maka baginya pahala seperti pahala yang didapat orang tersebut.”


Juga disebutkan dalam hadis riwayat Ibnu Majah dan al-Baihaqi dari Amr bin Hazm, dari Nabi Saw bersabda;


“Tidaklah seorang Mukmin bertakziah kepada saudaranya yang terkena musibah kecuali Allah akan memakaikan pakaian kemuliaan kepadanya di hari kiamat.”


Keutamaan Bertakziah


Islam adalah agama yang indah, pasal takziah pun Allah swt memberikan kenikmatan dan keutamaan di dalamnya. Bertakziah kepada saudara yang sedang tertimpa musibah dapat mendatangkan keutamaan yang sangat banyak, diantaranya ialah :


1. Mendapat pahala seperti pahala orang yang tertimpa musibah


“Barangsiapa yang bertakziah kepada orang yang tertimpa musibah, maka baginya pahala seperti pahala yang didapat orang tersebut.” (HR Tirmidzi)


2. Diberi Pakaian Kehormatan Pada Hari Kiamat


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:


“Tidaklah ada seorang mukmin yang bertakziah kepada saudaranya tatkala tertimpa suatu musibah, melainkan Allah swt akan memberinya pakaian dari pakaian kemuliaan pada hari kiamat.” ( HR.Ibnu Majah, no.1601 dan dihasankan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih Ibn Majah, no.1311, Irwa’ al Ghalil, no.764, ash Shahihah, no.195. Al-I’lam bi Akhiri Ahkam al-Albani al-Imam, hal.154 no.209 )


3. Merupakan Amalan Yang Utama


Takziah merupakan amalan yang utama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah menjelaskannya dalam sabda :


“Amalan yang paling utama adalah menyenangkan orang mukmin, memberi pakaian dia untuk menutup auratnya, mengenyangkan kelaparannya atau memenuhi kebutuhannya.” ( Shahih Targhib wa Tarhib, no.2090, hadits hasan )


4. Mengikuti Sunnah Rasulullah


Umroh.com merangkum, hal itu karena Rasulullah saw telah banyak melakukan takziah kepada orang yang sedang tertimpa musibah.


Hikmah Takziah


Menunjukkan perhatian Islam kepada orang-orang yang mendapatkan musibah


Dengan keutamaan takziah sendiri akan tercipta hubungan silaturrahmi yang lebih erat antara orang yang bertakziah dengan keluarga yang terkena musibah kematian. Menunjukkan solidaritas antara umat Islam satu dengan yang lain, dan bahwa mereka satu umat, seperti bangunan yang kokoh, dan seperti satu tubuh yang sakit, jika salah satu anggota badan sakit, maka anggota badan yang lain ikut merasakan sakit juga.


Keluarga yang terkena musibah dapat terhibur dengan adanya takziah sehingga yang demikian ini dapat mengurangi beban kesedihan yang berkepanjangan.


Memperbaharui doa untuk si mayat, dan memohon ampunan untuknya dan agar amalnya diterima di sisi Allah.


Mengingatkan kepada keluarga mayat tentang Allah Yang Maha Kuasa, dan bahwa kematian itu pasti datang tidak ada keraguan di dalamnya. Oleh karenanya wajib bagi setiap muslim untuk mempersiapkannya dengan bekal amal sholeh.


Orang yang bertakziah dapat ikut mendoakan kepada jenazah agar dosa-dosanya diampuni dan amal-amal kebaikannya dapat  di terima oleh Allah swt.


Orang yang bertakziah akan mendapat pahala dari Allah swt.


Mengingatkan kepada keluarga mayat agar tidak mengerjakan sesuatu yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya seperti meratapi mayat dan perbuatan-perbuatan lain yang dilarang dalam Islam.



Demikianlah pembahasan mengenai keutamaan takziah dalam islam yang mungkin hanya sedikit orang tahu. Sebagai umat beragama dan juga makhluk sosial, manusia memang harus saling menolong dan memberikan dukungan supaya tidak sedih berlebihan karena ditinggal orang yang disayang.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan