Kenali Jenis-jenis Kubis

Travel Book

Jika biasanya Anda lebih sering menemukan kol dengan bentuk bulat dan berwarna putih kehijauan, tahukah Anda kalau masih ada jenis kol lainnya dengan ciri khasnya masing-masing?

Ya, tidak hanya satu jenis saja, berikut berbagai jenis kubis atau kol yang ada di pasaran:

1. Kubis hijau


Kol dengan warna putih atau hijau pucat adalah salah satu varietas yang paling umum dijual di pasaran. Anda bisa dengan mudah menemukan varietas kol yang satu ini di tukang sayur, pasar tradisional, hingga supermarket ternama. Bila diperhatikan lebih seksama, daun terluar yang melapisi kol biasanya berwarna hijau pucat, sementara bagian dalamnya berwarna agak putih saat dibuka.

Sebelum memasak atau memakannya mentah, daun kol yang paling luar ini biasanya akan dibuang terlebih dahulu karena sering kotor dan agak layu. Kol yang masih mentah memiliki tekstur yang renyah saat digigit, dan akan lebih melunak dengan rasa manis setelah diolah.

2. Kubis ungu


Serupa dengan kubis hijau, kubis dengan warna ungu atau kemerahan juga memiliki daun berlapis dengan bentuk bulat. Perbedaan yang paling jelas terlihat tentu terletak pada warna sayur kol ini.

Namun bukan hanya itu saja, tekstur kol ungu biasanya lebih keras sehingga akan lebih renyah saat digigit dan menyumbang lebih banyak vitamin C ketimbang kol hijau.

Oleh karena warnanya yang cukup mencolok, terkadang warna kol ungu bisa tercampur bersama sayuran lainnya ketika diolah bersama.

3. Kubis savoy


Sekilas, kubis savoy memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan kubis hijau dan ungu. Namun ketika diperhatikan lebih teliti, varietas kubis yang satu ini memiliki tekstur yang lebih berkerut dengan lapisan daun terluar yang lebih lebar sebagai pembungkus.

Ciri khasnya ada pada tekstur dan bentuk, yang membuatnya terasa lebih lembut saat dimakan dan lapisan daunnya tersusun tidak beraturan ketimbang jenis kol yang lainnya. Biasanya, kol savoy sering dijadikan olahan salad bersama jenis sayuran lainnya.

4. Kubis napa


Apa nama yang biasa Anda pakai untuk menyebut sayuran ini? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab sawi putih. Belum banyak yang tahu memang, kalau sayuran ini ternyata masuk ke dalam salah satu varietas kol mengingat susunan daunnya yang juga berlapis-lapis.

Sedikit perbedaannya, jenis kol yang satu ini tidaklah berbentuk bulat melainkan berbentuk lonjong dengan warna daun yang hijau keputihan. Kol napa sebenarnya bisa dimakan mentah atau direbus saja sebagai lalapan, tapi sebagian besar orang lebih suka menyantapnya dengan cara ditumis.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan